Selasa, 10 Agustus 2010

ASPEK RUHIYYAH DARI PUASA

TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 183 :

• "Wahai orang2 yang beriman" : Ini merupakan panggilan dari Yang Maha Tinggi, untuk kita seluruh kaum beriman, para sahabat jika dipanggil dg panggilan ini maka mereka segera memenuhinya (lihat juga sabab nuzul QS al-Bayyinah/98).
• "Telah diwajibkan atasmu" : Yaitu kewajiban yang ditegaskan melalui ayat al-Qur’an, hadits2 shahih serta ijma’ para ulama.
• "Sebagaimana telah diwajibkan atas kaum sebelum kalian" : Puasa kita adalah puasa yg paling ringan, coba lihat puasanya Nabi Zakariyya as atau Maryam as yaitu dengan tambahan tidak boleh berbicara (QS Maryam, 19:10, 26), puasanya Thaluth dengan berbuka hanya dengan seteguk air (QS al-Baqarah, 2:249), puasa Daud dengan sehari puasa sehari berbuka sepanjang masa (lihat kitab Riyadhus Shalihin), bahkan banyak binatang2 yg juga berpuasa (kepompong, beruang), atau juga tumbuhan (di musim salju).
• "Mudah2 an kalian bertaqwa" : Setiap amal Islam pasti ada faidahnya (Shalat untuk mencegah perbuatan keji dan munkar, zakat untuk membersihkan dan mensucikan, hajji agar tidak berbuat dan berkata keji).

Tidak ada komentar: